Minggu, 24 Mei 2015

Cara Merawat Sleeping Bag

Sleeping bag atau yang biasa disingkat SB juga punya peranan yang penting dalam perjalanan kita. Untuk teman-teman yang sering naik gunung passti taulah gimana pentingnya SB terutama saat suhu udara dingin mendera dan kehangatan yang dibutuhkan. Mungkin dia ibarat pahlawan saat kita-kita akan tidur dalam dekapan hangat. hehehe
Sumber : disini

Oleh karena itu kita perlu memperlakukan dia dengan benar dan layak, supaya kehangatan dan kenyamanannya tetap terjaga, Berikut beberapa cara merawat kantong tidur ini.

  • Pada pagi hari setelah kamu menggunakannya di dalam tenda, keluarkan kantong tidurmu dan jemur sebentar di luar tenda. Mendaki sampai ke puncak adalah kegiatan yang menguras keringat. Saat masuk ke sleeping bag, kamu tentu gak sempat mandi dulu karena air di gunung terbatas. Jangankan mandi, ganti baju aja belum tentu. Nah, biar SB-mu gak jadi bau gara-gara keringat dan debu yang menempel, biarkan dia terkena sinar matahari setelah kamu bangun pada pagi harinya. Buka lebar-lebar dan jemur saja di atas tenda barang sejenak.
  • Cucilah SB sesekali biar kotorannya terangkat dan bahannya kembali empuk dan mengembang. Sleeping bag umumnya menggunakan bahan khusus yang membuatnya tak perlu sering-sering dicuci. Cucilah setelah beberapa kali penggunaan agar SB kembali bersih dan mengembang. Untuk mencucinya, kamu bisa merendamnya selama sekitar setengah jam dalam campuran air plus sabun tanpa deterjen. Setelah itu, kucek lembut pada bagian yang kotor agar kotorannya terangkat. Untuk noda yang membandel, kamu bisa menggunakan sikat yang halus.
  • Setelah dicuci, cukup gantung dan angin-anginkan sleeping bag di tempat yang terlindung dari sinar matahari. Sinar matahari adalah musuh buat warna peralatan outdoor, makanya, cukup jemur sampai kering di tempat teduh.
  • Simpanlah sleeping bag pada kantong yang longgar atau gantung saja di lemari. Bila tidak digunakan dalam waktu lama, jangan menyimpannya dalam keadaan terkompresi seperti saat kamu mengemasnya dalam keril, karena bisa membuat tingkat kenyamannya berkurang. Masukkan ke kantong yang longgar plus sisipkan silica gel bila perlu.
Sumber : dari sini aja sih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar