Senin, 25 Mei 2015

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Saat di Pesawat

Mungkin beberapa dari teman-teman semua pernah merasakan sakit pada telinga saat sedang berada di pesawat terbang. Umumnya hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara.

Apakah itu sesuatu yang normal? Keadaan ini disebut Oklusi Tuba atau adanya sumbatan pada saluran tuba yang berada di telinga. Tuba eustachius / Eusthacian tube adalah saluran yang dimulai dari telinga tengah dan berakhir dibelakang hidung atau didaerah pangkal tenggorok. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di luar. Bila terjadi perbedaan tekanan maka saluran ini akan membuka dan membiarkan udara masuk ke telinga tengah sehingga tekanan menjadi seimbang.

Terus gimana cara mengatasinya? Berdasarkan berbagai sumber, berikut adalah cara mengatasi telinga berdenging saat di dalam pesawat terbang.

  1. Mengunyah. Saat berada dalam pesawat, anda dapat mengunyah permen karet yang dapat dipersiapkan sebelum menggunakan transportasi udara ini. Ternyata dengan mengunyah dapat memberikan efek pada saluran eustaceus yang secara otomatiss akan menutup dan membuka sehingga telinga tidak akan berdengung lagi
  2. Minum air. Jika kunyahan tak banyak membantu, maka ada baiknya kita meminum air dalam jumlah lumayan banyak karena hal ini dapat juga membantu menghilangkan tekanan dalam telinga.
  3. Gerakan Menguap. Bila saran diatas belum manjur, maka menguaplah. Gerakan menguap selebar dan sekeras mungkin dapat dilakukan beberapa kali untuk mengurangi dengung di telinga. **ati-ati jangan sampai menganggu penumpang lain**
  4. Menutup Hidung dan Mulut.  Tutup hidung dan mulut secara bersamaan lalu tahan beberapa saat kemudian hembuskan nafas melalui hidung secara berlahan. Jika berhasil maka tekanan udara di telinga akan terasa keluar. Namun langkah ini tidak disarankan bagi penderita penyakit jantung. 
  5. Gunakan Ear Plug yang khusus dipakai saat terbang
Khusus pada anak2 atau bayi tidak perlu telinga ditutup dengan kapas (cara ini banyak di nasehatkan oleh orang tua) tetapi cukup dengan diberikan minum yang banyak pada saat pesawat di udara, karena dengan menelan, tuba akan terbuka terus menerus. Menutup telinga dengan kapas tidak efektif untuk mengatasi oklusi tuba pada anak, cara ini hanya berguna untuk mengurangi suara bising pesawat. Jadi bila membawa anak kecil naik pesawat dan anaknya mulai rewel sebaiknya diberi minum air atau susu, karena ada kemungkinan dia mengalami oklusi tuba.


Jika Anda sudah mendarat dan masih merasakan sakit, bisa gunakan cara berikut :

  1. Bersihkan telinga Anda dan teteskan air hangat ke dalam telinga Anda, agar telinga Anda menjadi hangat dan bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Pada umumnya, jika suhu lingkungan tujuan Anda hangat, maka tips ini sangat tepat untuk dilakukan. 
  2. Minumlah tylenol (obat sakit kepala) atau ibuprofen (obat pencegah peradangan). Minumlah tylenol 30 menit sebelum Anda mendarat. Tylenol membutuhkan waktu untuk bereaksi. 30 menit adalah waktu yang cukup untuk membiarkan tylenol bereaksi.
Dikutip dari berbagai sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar